KELAS DIGITAL ???? apa itu

PENJELASAN TENTANG KELAS DIGITAL

Apakah Kelas Digital itu? Kelas Digital adalah istilah untuk menjelaskan bahwa aktivitas kelas menggunakan seoptimal mungkin peranan internet dan teknologi digital dalam persiapan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran; baik oleh siswa, guru, dan orang tua murid; serta untuk aktivitas pengembangan profesi guru berkelanjutan.

Wujud kelas digital yg dikembangkan Seamolec ada 3:

1) pembuatan buku digital (kombinasi teks, video, dan gambar pada halaman tertentu buku);

2) sistem Edmodo; dan

3) Vicon dari hp/ laptop antar guru dengan Webex.

Berhubung kelas digital/ sekolah digital memerlukan perubahan budaya yg mendasar pada sekolah, maka tahap yg dilaksanakan sekolah saat ini adalah pembuatan soal bersama oleh guru/ kkg /mgmp untuk ulangan harian (dengan prinsip belajar tuntas/ mastery learning). Karena menggunakan internet maka soal ulangan bisa diset sesuai waktu yg diinginkan (misalnya, soal dibuka jam 8.00 s.d. 21.00 selama 5 hari) .

soal teracak otomatis; soal di SD di Solo bisa dikerjakan siswa di propinsi lain atau di SILN, dimana saja yg ada internet. Ini baru langkah awal untuk penanaman budaya ICT. Nanti setelah jalan , guru2 bisa membuat materi pelengkap buku teks kemendikbud dalam bentuk digital (kombinasi teks, video dari hp, gambar) ketika membuat RPP, kemudian di upload, dan guru2 lain bisa mengkombinasikan.

Buku digital tsb juga bisa mengambil materi dari Rumah Belajar, dan sumber lain.

Dengan sistem Edmodo, soal dan nilai ulangan siswa juga bisa diakses oleh orang tua (jika sistemnya diaktifkan).

Dengan menggunakan webex, sebagai aplikasi untuk Video Conference (Vicon), guru2 sejumlah maksimal 200 orang dapat vicon dari hp (melihat videonya, mendengar suara, dan tanya jawab). (Tidak kena pulsa khusus, kenanya ya sesuai bandwith langganan internetnya).

Edmodo juga bisa untuk pelatihan guru. (Misalnya, guru berprestasi nasional bisa upload buku digital, buka kelas maksimal 1 kelas 600 orang, kalau lebih ya dibuka kelas baru (room) berikutnya); ada quiz, tanya jawab; upload video.

(Abi Sujak, Direktur SEAMOLEC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s