Percobaan Pengukuran panjang

Untuk mengukur atau menyatakan nilai suatu besaran maka diperlukan alat atau instrumen pengukuran. Alat – alat ukur tersebut diantaranya adalah :

  1. Alat Ukur Panjang

Dalam kehidupan sehari – hari kita sering melihat atau melakukan pengukuran panjang seperti mengukur panjang meja, jala dan lain-lian. Alat ukur panjang yang sering digunakan dalam pengukuran panjang adalah mistar, roll meter, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Setiap alat ukur panjang memiliki skala yang berbeda – beda dan fungsi yang berbeda-beda.

  1. Mistar dan Roll meter

Mistar kebanyakan memiliki skala milimeter (mm) atau centimeter (cm) dengan skala terkecil kebanyakan milimeter (mm), sedangkan roll meter memiliki skala centimeter (cm) saja artinya skala terkecil yang dimiliki roll meter adalah centimeter. Mistar biasanya digunakan untuk mengukur besaran panjang yang kecil atau pendek, sedang roll meter digunakan untuk mengukur besaran panjang yang lebih besar seperti mengukur panjang jalan, lebar tanah pertanian dan lain – lain. Jika ditinjau dari skala terkecilnya maka mistar dibanding roll meter mempunyai tingkat ketelitian dan kepastian yang lebih tinggi.

Jangka Sorong

Jangka sorong dalam industri permesinan sangat penting karena alat ukur panjang ini mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi/akurat dan keistimewaan yang lain. Dalam penggunaannya jangka sorong dapat digunakan untuk mengkur panjang, diameter dalam dan luar serta kedalaman. Tingkat ketelitian jangka sorong selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari 0,5 mm, 0,1 mm, 005 mm dan sekarang yang banyak digunakan daat mencapai 0,02 mm. tingkat ketelitian jangka sorong atau skala terkecil disebut skala Nonius.

Mikrometer sekrup

Alat ukur panjang ini memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibanding jangka sorong. Tingkat ketelitian micrometer sekrup mencapai 0,01 mm sehingga tepat digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda yang tipis seperti kertas, diameter kawat dan lain-lian nyang sejenis. Tetapi panjang maksimum skala utama pada jangka sorong terbatas sampai 2,5 cm, dan skala noniusnya terdiri dari 50 skala atau sebanding denngan 0,01 mm.

 

untuk mencoba alat ukur diatas silahkan lakukan percobaan dalam Lembar Kerja Pengkuran alat ukur panjang berikut  : LKS-alat ukur panjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s