TUGAS FISIKA-MIA “FLUIDA STATIS”

  1. Jumlah luas dua telapak kaki Haris 550 cm^2. Jika berat badan Haris 60 kg, dan percepatan gravitasi 9,8 m/s^2, berapakah tekanan pada lantai yang diberikan Haris saat berdiri dengan satu kaki?
  2. Sebuah meja yang mempunyai 4 kaki memberikan tekanan pada lantai sebesar 10 N/m^2. Apabila massa meja sebesar 50 kg dan percepatan gravitasi di daerah itu 9,8 m/s^2, berapa luas permukaan setiap kaki meja?
  3. Sebuah kapal selam berada di kedalaman 4.081,6 meter. Anggaplah massa jenis air laut uniform yakni sebesar 1,25 kg/m^3. Bila tekanan  permukaan air laut 10^5 Pa dan percepatan gravitasi sebesar 9,8 m/s^2, berapakah tekanan air laut (tekanan hidrostatis) pada kedalaman tersebut? Berapa pula tekanan total yang diterima kapal selam?
  4. Pada kegiatan eksplorasi laut, seorang ilmuwan menyelam sampai kedalaman 6 meter. Apabila massa jenis air laut uniform sebesar 1,2 103 g/cm^3, tekanan permukaan air laut 10^5 Pa, dan percepatan gravitasi sebesar 9,8 m/s^2, berapa tekanan hidrostatis air laut? Berapa pula tekanan total yang diterima ilmuwan tersebut?
  5. Sebuah dongkrak hidrolik terdiri dari dua buah tabung yang saling berhubungan. Masing-masing tabung mempunyai sebuah penghisap. Diameter penghisap tabung pertama sebesar 7 cm dan Diameter penghisap tabung kedua sebesar 42 cm. Bila sebuah mobil berbobot 2,4 ton berada di atas tabung kedua, berapa gaya yang diperlukan pada tabung pertama supaya mobil dapat terangkat? (diketahui: g = 9,8 m/s^2)
  6. Sebuah dongkrak hidrolik terdiri dari dua buah tabung yang saling berhubungan. Diameter tabung kedua dua kali lebih besar daripada tabung pertama. Jika sebuah mobil yang mempunyai bobot 2 ton berada di atas tabung kedua, berapa gaya yang diperlukan pada tabung pertama supaya mobil dapat terangkat? (percepatan gravitasi bumi (g) 9,8 m/s)
  7. Sebuah tabung yang berdiameter 25 cm diisi dengan air. Kemudian, sebuah balok besi dimasukkan ke dalam tabung tersebut hingga tinggi airnya bertambah 2 cm. Hitunglah volume balok besi dan gaya apung yang dialami balok.
  8. Sebuah balok kayu dimasukkan ke dalam air. Bila balok kayu mempunyai massa jenis 0,7 gr/cm3 dan volumenya 12 cm3, apakah balok kayu tersebut mengapung, mengambang atau tenggelam? Berapa volume kayu yang berada di dalam air?
  9. Tunjukkan bahwa tekanan pada kedalaman h di bawah  permukaan suatu  cairan dalam suatu bejana ketika : (a). Bejana bergerak vertikal ke atas dengan percepatan a adalah P = ph (g + a). (b). Berapakah tekanan pada kedalaman h jika bejana  bergerak vertikal kebawah dengan percpatan a
  10. Seorang  kemasan hendak menguji  sebuah mahkota yang terbuat dari emas.  Untuk itu dia menimbang mahkotanya ketika  diudara dan ketika dicelupkan didalam air. Ternyata  ketika ditimbang diudara beratnya 14,7 N dan berat didalam air 13,4 N.  Jika rapat massa emas murni adalah 19.300 kg/m^3, maka :  (a). Coba ujilah apakah mahkota tersebut terbuat dari emas murni ? (b). Bagaimana pendapatmu dengan Hasil pengujian tersebut  ? (c). Jika kamu seorang kemasan apa yang akan kamu lakukan dengan hasil pengujian tersebut
  11. Sebuah balok logam bermassa 10 kg yang berdimensi  12 cm x 10 cm x 10 cm digantung pada neraca pegas dan ditegelamkan ke dalam air seperti pada gambar. Dimensi 12 cm adalah vertikal, dan bagian atas balok berada pada kedalaman 5 cm dibawah permukaan air Gaya – gaya apa sajakah yang bekerja pada bagian atas dan bawah balok? (P0 =1,013 x 10^5 N/m^2 Berapakah hasil pembacaan neraca pegas? Tunjukkan bahwa besar gaya apung sama dengan selisih antara gaya – gaya pada bagian atas dan dasar balok

2 comments on “TUGAS FISIKA-MIA “FLUIDA STATIS”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s