Pembelajaran Lintas Continental Solo – Honolulu HI-USA

SMA Batik Solo perlu mendapatkan acungan jempol dalam usaha mengaktifkan pelaksanaan telekonferensi. Selain untuk menjembatani pendistribusian ilmu pengetahuandari guru relawan kepada siswa, telekonferensi juga dijadikan sebagai media untuk memotivasi siswa dalam mencapai cita-cita. Kali ini, pada Hari Ulang tahun PerserikatanBangsa-bangsa /PBB  (United Nations Day), 24 Oktober 2012,  SMA Batik Solo kembali mengadakan telekonferensi dengan Bapak Hery Yanto The yang saat ini sedang studi di University of Hawai’i at Manoa. Tema yang diangkat dalam telekonferensi adalah penggunaan email untukmendukung proses belajar. Telekonferensi dilaksanakan selama kurang lebih satu jam menggunakan WizIQ dan juga Skype.

Presentasi untuk telekonferensi ini direkam di WizIQ (http://www.wiziq.com/online-class/997298-email-dan-pembelajaran). Pembicara memulai presentasi dengan bertanya kepada siswa, apakah mereka memilik iakun email .Secara serempak seluruh siswa menjawab “PUNYA”. Meskipun demikian belum semua siswa membuka atau mengunjungi akun emailnya secara rutin,  misalnya dua kali dalam seminggu. Pembicara menyampaikan bahwa kebiasaan berkomunikasi dengan email di Indonesia memang belum begitu tinggi intensitasnya dibandingkan penggunaan pesan singkat atau sms.  Melalui presentasi ini,  siswa juga dikenalkan pada 10 layanan email gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung komunikasi lintas kontinental. Menurut pembicara, email saat ini tidak hanya digunakan untuk komunikasi informal, tetapi sudah banyak digunakan untukkomunikasi formal. Komunikasi formal tersebut antara lain pertukaran informasi belajar antara siswa-guru,  pengiriman suratl amarankerja, dan mendukung komunikasi bisnis.

Ada beberapa manfaat email secara umum. Manfaat tersebut antara lain: (1) Melengkapiataumenggantikanmanfaatsurat pos. (2) Pengiriman data secaracepat, murah, dandapatdilakukanlintas continental. (3) Diperlukan untuk meregistrasi berbagai akun software gratis di Internet. (3) Berlangganan informasi yang disenangi . (4) Melakukan promosi, penelitian, dan mendukung kegiatan perusahaan atau organisasi.

Selesaimenyampaikanpresentasi, pembicaramemberikankesempatankepadasiswauntukmengajukanpertanyaan. Pada sesi Tanya jawab, siswamengajukan banyak sekali pertanyaan yang sangat berkualitas. Pertanyaan tersebut antara lain: (1) Apa yang akanterjadidenganakun email kita, jika akun email tersebut tidak dibuka secara teratur, misalnya dua minggu sekali? Apakahakun email tersebut akan hilang atau tidak bisa dipakai lagi? (2) Mengapakadang-kadang ketika kita melakukan registrasi sesuatu di Internet, email konfirmasinya tidak adaa tau tidak diterima? Selain pertanyaan terkait dengan topik, siswa juga mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan beasiswa untuk sekolah keluar negeri. Tanya jawab antara siswa dengan pembicara diusahakan untuk dapat terus berlanjut meskipun sempat mengalami interupsi oleh kendala teknis. Kendala teknis pertama dihadapi ketika audio pada WizIQ menghilang, sehingga sesi harus dialihkan ke Skype. Meskipun menggunakan Skype, koneksi internet juga sempat mengalami penurunan kualitas, sehingga antara fasilitator di SMA Batik, Bapak ZaenulArifin dan pembicara mengatasi dengan memutus sambungan dan melakukan panggilanulang. Proses kerjasama yang baik dan usaha untuk terus melanjutkan telekonferensi membuat gangguan teknis tersebut tidak menjadi halangan untuk meneruskan komunikasi lintas kontinental ini sampai selesai.

berikut ini adalah link recording yang ada di wiziq.com http://www.wiziq.com/online-class/997298-email-dan-pembelajaran

By zaenul Arifin Posted in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s