BROWNIES & TIGA SAHABAT

Brownies dan Tiga Sahabat
Alkisah hiduplah tiga orang sahabat: Tono, Tami, dan Tuti. Ketiga sahabat itu sangat
menggemari kue brownies. Nah, suatu hari karena sudah lama sejak terakhir kali makan brownies, mereka memutuskan untuk pergi membeli kue brownies yang cukup besar untuk dibagi tiga. Pergilah mereka ke sebuah toko kue brownies di kota mereka.
Tono         : Mbak, brownies yang gede itu berapa harganya?
Penjaga    : 30 ribu rupiah, Mas.
Tami         : Kalau gitu harga browniesnya kita bisa bagi tiga. Jadi masing-masing
kita bayar sepuluh ribu. Setelah mereka selesai membayar, datanglah pemilik  toko.
Pemilik     : Adik-adik, kebetulan hari ini toko kita ulang tahun, jadi hari ini ada diskon.
Kue browniesnya dijual 25 ribu rupiah saja!
Penjaga    : Wah… maaf sudah terlanjur bayar 30 ribu ya, sini saya kembalikan 5 ribu.
Tuti          : Lima ribu susah ngebaginya, kan kami bertiga. Mbak kasih 3 ribu aja ke kita,
biar tiap orang dapat kembalian seribu. Sisanya 2 ribu buat Mbak.
Penjaga   : Wah, terima kasih…
Setelah kenyang makan brownies kesukaan mereka, Tono tiba-tiba

                 menceletuk.
Tono        : Perasaan ada yang aneh deh pas kita bayar brownies tadi.
Tami        : Apa yang salah, Ton? Kamu kasih uang pake tangan kiri ya?
Tono        : Kita kan masing-masing jadinya bayar 9 ribu. Terus duit kita kan di Mbak
penjaga ada 2 ribu. Kalo dijumlah total bayaran kita 27 ribu tambah 2 ribu
jadinya kok cuma 29 ribu. Lha seribunya lagi ke mana?
Tuti         : Iya, ya… Kok aneh, ya?
Bisakah teman-teman menemukan kesalahan berpikir Si Tono?
Bahan bacaan
Penulis
Reinard Primulando, mahasiswa S3 fisika partikel di College of William and Mary, USA.

By zaenul Arifin Posted in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s