Tol Cipularang dan Jalan menikung Newton

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Polri, Brigadir Jenderal Polisi I Ketut Untung Yoga Ana, mengatakan angka itu dicatat pada kurun 23 Agustus hingga Minggu 4 September 2011. “Angka kecelakaan naik 33,08 persen. Korban meninggal akibat kecelakaan, kata Ketut, turun dari 746 pada 2010, menjadi 661 orang pada tahun ini. kecelakaan naik terus hingga 33,08 persen. Sementara korban luka berat naik 155 orang, atau 15,91 persen. Kepala Humas Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Iwan Mulyana menyebutkan, meningkatnya angka kecelakaan paling banyak disebabkan kesalahan manusia atau human error. (vivanews)

Kecelakaan paling banyak terjadi di KM 56-154 Tol Purbalenyi atau Cipularang dan Padalenyi. Faktor mengantuk, dan melaju dengan kecepatan tinggi plus muatan barang berlebihan adalah penyebab kecelakaan terbesar.

Selain faktor human error beberapa kecelakaan juga terjadi karena struktur jalan yang tidak layak secara teknis.  secara teori mobil mustahil bisa membelok pada tikungan licin, karena untuk membelok dijalan datar diperlukan gaya gesekan statis antara ban dan permukaan aspal.  Apabila struktur jalan pada belokan tidak memiliki kemiringan maka mobil akan terlempar  oleh gaya sentripetal yang dihasilkan mobil. untuk itu setiap tikungan jalan setidaknya struktur jalannya harus memiliki kemiringan iuntuk menghindari slip pada mobil yang melaju dengan kecepatan maksimum ditikungan. mari kita lihat struktur mobil pada jalan datar dan  dibelokan miring

Gambar. 4.43 Struktur gaya gaya yangbekerja pada mobil di belokan miring

 

dari gambar diatas  ditunjukkan bahwa pada belokan miring yang membentuk sudut θ, gaya normal N memiliki komponen horizontal N.sinθ  yang berarah radial ke dalam menuju pusat belokan. N.sinθ  inilah yang memberi gaya sentripetal mobil, sehingga mobil tetap dapat membelok dengan kelajuan maksimum tertentu tanpa slip. lalu berapakan kecepatan maksimum mobil agar tidak slip ketika membelok di belokan miring yang membentuk sudut θ ????

Dengan menyamakan penyebab gaya sentripetal F = N.sinθ dengan rumus

dengan mensubstitusikan persamaan diatas maka, sudut kemiringan belokan adalah :

dan kecepatan maksimum mobil yang diperkenankan adalah
untuk penggendara mobil itu berhati hatilah berada ditikungan jangan melebihi rambu-rambu kecepatan ditikungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s