Pembelajaran Fisika berbasis LAPTOP

Dalam perkembangannya, media pengajaran mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar prinsip mekanis. Kemudian teknologi audio-visual yang menggabungkan penemuan  mekanik dan elektronik untuk tujuan pengajaran. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi  mikroprosessor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan interaktif (Seels & Richey 1994 dalam Arsyad 2002). salah satu  media yang sekarang sering digunakan adalah Laptop.

Media Hasil Teknologi Berbasis Laptop
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis koputer dengan dua teknologi lainnya adalah karena informasi/materi disi

mpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Berbagai jenis aplikasi  teknologi berbasis komputer dalam pengajaran umumnya  dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (pengajaran berbantuan komputer). Aplikasi tersebut meliputi drills dan practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari).

Dengan menggunakan piranti yang ada pada laptob seperti mouse, webcam, soundcard kita dapat merubah laptob kita menjadi laboratorium mini. untuk bisa merubah laptop menjadi laboratorium mini maka laptop kita meski disupport dengan softwere MATLAB.

MATLAB atau MATrix LABoratory merupakan suatu bahasa program komputer dan sekaligus bahasa pemrograman komputer generasi ke-empat yang dikembangkan oleh Grup MathWorks untuk keperluan bidang komputasi numeris dan manipulasi matriks.  Dalam perkembangannya, MATLAB mampu mengintegrasikan beberapa software matriks sebelumnya dalam satu software untuk komputasi matriks.
MATLAB dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah seperti :

  • Matematika dan Komputasi.
  • Pengembangan dan Algoritma.
  • Pemrograman Modeling, Simulasi, dan Pembuatan Prototipe.
  • Analisa Data, Eksplorasi dan Visualisasi.
  • Analisa Numerik dan Statistik.
  • Pengembangan Aplikasi Teknik.
  • Akuisi Data.
  • Perluasan pemakaian, seperti Graphical User Interface (GUI).

semisal dalam pengajaran fisika, kita dapat mengunakan mouse untuk sensor pada materi gerak (lurus maupun melingkar),

anda dapat membaca tutorial penggunaan matlab disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s