Siswa SMA Batik 1 Outing Class di Mangkunegaran

Siswa kelas XI mendengarkan pengarahan di pendopo mangkunegaran

Siswa -siswi SMA Batik 1 mendengarkan penjelasan awal dipendopo Mangkunegara

Siswa siswi Kelas XI SMA Batik 1 Surakarta pada senin, 22 Februari 2010 mengunjungi Pura mangkunegaran dalam rangka outingclass. mereka berkunjung ke mangkunegaran dalam rangka mempelajarai tentang seluk beluk mangkunegaran dari sejarah berdirinya sampai ornamen, arsitektur dan koleksi  benda – benda sejarah peninggalan para Raja Mangkunegara . Seperti banyak diketahui bahwa pusat kekuasaan kerajaan di Solo terpecah jadi dua karena silang pendapat antar keluarga kerajaan, Kusunanan dan mangkunegara. Pura mangkunegaran didirikan leh Raden mas said alias Pangeran Samber nyawa.

Siswa memperhatikan penjelasan dari ghuide tentang beberapa koleksi Photo keluarga kerajaan di mangkunegara

Ketika siswa masuk ke Mangkunegara  terlebih dahulu didaftar  oleh petugas, dan mendapat pengarahan mengenai rute dan aturan – aturan dilingkungan Pura Mangkunegara. selesai mendapat  pengarahan siswa mengelompok sesuai kelasnya masing – masing yang setiap kelompok dipandu oleh seorang pemandu. pemandu dari awal akan menceritakan sejarah berdirinya kerajaan sampai makna -makna warna ornamen yang ada dipendopo, Seperti warna biru memiliki makna mencegah musibah, Hijau mencegah stress atau warna putih bermakna mencegah hawa nafsu sexsual dan lain-lain. untuk masuk keruang – ruang tertentu siswa harus melepas alas kaki, seperti naik ke pendopo dan ruang  dalem ageng. selepas dari pendopo siswa masuk ke dalem ageng untuk melihat koleksi benda bersejarah mulai dari pusaka sampai benda -benda dari logam, salah satu yang selalu diingat siswa adalah badong yaitu alat yang digunakan untuk menutup kelamin laki – laki dan perempuan untuk  mencegah perselingkuhan, biasanya dikenakan ketika Raja bepergian atau berperang dan permeisuri berada  di kerajaan sendiri.  selepas mendapat penjelasan dari pemandu Siswa – siswi disibukkan dengan mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang telah dipersiapkan oleh Guru Sejarah sebagai Tugas  yang meski dikumpulkan  selesai kunjungan. Menurut Guru Pembimbing, Ibu Eko Targiatmi, S.Pd, kegaiatan ini bermaksud untuk menumbuhkan rasa kecintaan siswa akan sejarah dan Kebesaran Bangsa Indonesia melalui kerajaan – Kerajaannya dahulu.

siswa sedang mengerjakan Lembar kerja Siswa

Siswa dengan tekun mengerjakan Tugas di lembar kerja Siswa

selain itu siswa dapat mengenal secara langsung  fakta sejarah yang ada di Pura Mangkunegara.

Selain siswa, juga didampingi beberapa Guru Sejarah dan Wali kelas XI. Menurut mereka kegiatan ini sangat positif  dalam memotivasi anak untuk lebih tertarik belajar sejarah disamping itu akan lebih memperkaya metode belajar anak diluar kelas.

Bapak-Ibu Guru pendamping berpose didepan Pendopo Mangkunegara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s