SMA Batik 1-ISI Pentas Awal Tahun

Sugriwa bercakap-cakap dengan SubaliDi awal tahun 2010 Instutut Seni Indonesia Surakarta dan SMA Batik 1 Surakarta mementaskan Tari Kolosal asal bali, Tari Kecak. Mengambil latar Monumen Perahu Mahasiswa Dosen ISI jurusan Tari berkolabirasi dengan Siswa-siswi SMA Batik 1 Surakarta pada 5 Januari 2010.  Pementasan ini adalah bagian dari kerjasama yang diajalin oleh ISI Surakarta dengan SMA Batik 1 Surakarta bidang Seni Budaya dalam pengembangan Potensi yang dimiliki siswa-siswi .

Tari kecak merupakan tari kreasi dari seniman bali kenamaan I Wayan Limbak dan Pelulukis asal jerman bernama Walter Spies. sekitar tahun 1930 mereka terpesona dengan tarian persembahan Sahyang dalam rirual peribadatan dibali sehingga menciptakan kreasi tari kecak.

Penari-penari dari SMA Batik 1 Solo mementaskan tari kecak

Tari yang tak diketahui secara pasti darimana tarian kecak berasal dan dimana pertama kali berkembang, namun ada suatu macam kesepakatan pada masyarakat Bali kecak pertama kali berkembang menjadi seni pertujukan di Bona, Ganyar, sebagai pengetahuan tambahan kecak pada awalnya merupakan suatu tembang atau musik yang dihasil dari perpaduan suara yang membentuk melodi yang biasanya dipakai untuk mengiringi tarian Sahyang yang disakralkan. Dan hanya dapat dipentaskan di dalam pura. Kemudaian pada awal tahun 1930an astist dari desa Bona, Gianyar mencoba untuk mengembangkan tarian kecak dengan mengambil bagian cerita Ramayana yang didramatarikan sebagai pengganti Tari Sanghyang sehingga tari ini akhirnya bisa dipertontontan di depan umum sebagai seni pertunjukan. Bagian cerita Ramayana yang diambil pertama adalah dimana saat Dewi Sita diculik oleh Raja Rahwana.

Pementasan Tari Keak oleh ISI dan SMA Batik 1 Solo

Dengan kegiatan pementasan seperti ini diharapakan siswa-siswi SMA Batik 1 Solo memiliki insight positif terhadap seni Budaya. Dengan seringnya pementasan – pementasan seperti ini siswa dapat mengasah bakatnya dibidang seni.  Sekolah bekerja sama ISI Surakarta tidak lain dalam rangka memberikan apresiasi seni budaya dan bakat yang dimiiki siswa – siswi SMA Batik 1 Solo.

Shinta

4 comments on “SMA Batik 1-ISI Pentas Awal Tahun

    • kalo ndak beda bukan SMA Batik 1 Solo, sebentar lagi Batik 1 penari – penari Batik 1 hadir di Solo Menari 29 April 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s