SMA Batik 1 gelar pentas roro mendut

bertempat di Taman Budaya Surakarta SMA Batik 1 Surakarta mengelar Pentas Seni Budaya. pagelaran ini menampilkan Tari srimpi ABG dan Ketoprak dramatik. pagelaran yang dibuka Kepala SMA Batik 1 Surakarta Drs. Lioterzet Sobri, M.Pd dan dihadiri oleh ratusan pengunjung dari siswa siswi dan orang tua siswa siswi.

Kepala SMA Batik 1 Surakarta Drs. Literzet Sobri, M.Pd membuka pagelaran Pentas Seni Budaya

Kepala SMA Batik 1 Surakarta Drs. Literzet Sobri, M.Pd membuka pagelaran Pentas Seni Budaya

dalam sambutannya, Bapak Drs. Literzet Sobri, M.Pd mengatakan “SMA Batik 1 Surakarta membuka selebar lebarnya untuk berkarya dan berapreasiasi baik seni budaya atau yang lain seperti pementasan Tari Srimpi dan ketoprak Dramatik Roro Mendut. Sekolah sangat mendukung pagelaran seni budaya, hal ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan sekolah, terlebih SMA Batik 1 sejak Juni di tunjuk sebagai SMA berstandar internasional.

Pentas Tari Srimpi ABG ini dari ide jeng marlene, cewek kelahiran belanda ini membuat tari Srimpi lebih hidup dan kontemporer. tari ini mengisahkan beberapa gadis yang sedang masa puber, sehingga mulai gemar bersolek , merenung serta inginnya diperhatikan, apalagi dengan kecanggihan teknologi untuk calling dan chating dengan pujaan hati, serasa dunia dalam HP.

pementasan tari srimpi ABG oleh jeng Marlene, Asih, dewi dan Sii Nur

pementasan tari srimpi ABG oleh jeng Marlene, Asih, dewi dan Siti Nur

Pementasan dilanjutkan dengan pentas teater Prodho SMA Batik 1 Surakarta dengan judul “Roro Mendut, Keteguhan Cinta Wanita. Pementasan yang dikemas dalam ketoprak dramatik ini penuh kisah intrik, ego, harga diri dan status sosial. kisah ini disadur dari novel Roro Mendut versi Ajip Rosidi. Pentas ketoprak yang disutradarai Febriyan MD dengan pembimbing Hanindawan Soetikno ini mengisahkan keberanian ni Roro Mendut mendobrak kultur paternalistik dan membelenggu wanita menentukan pilihan dan pendamping hidupnya. kekuasaan Tumengung Wiroguno tidak mampu membendung semangat feminis roro mendut dalam menentukan pilihan hidupnya. Roro mendut lebih memilih kehidupan yang bebas sesuai dengan hati dan pilihan cintanya.

Roro mendut dan nyi Tumenggung Wiroguna dalam ketoprak dramatik oleh teater prodho

Roro mendut dan nyi Tumenggung Wiroguna dalam ketoprak dramatik oleh teater prodho

akankah era semodern ini masih berdiri wiroguno- wiroguna modern????? atau banyak roro mendut roro mendut baru untuk mendobrak kultur zaman mataram.

5 comments on “SMA Batik 1 gelar pentas roro mendut

  1. mengapa nama nama pemain dari teater prodho tidak dicantumkan?
    mengapa hanya nama perannya saja?

    • wah, mohon ma’af sekali. habise kurang begitu hafal nama pemainnya tar salah tulis lagi. so any time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s