Tutorial Blog

Apa itu Blog

Blog merupakan kependekan dari Weblog, banyak istilah atau arti dari blog itu sendiri. Beberapa orang menyebut blog sebagai diary elektronik yang berfungsi sebagai catatan harian seseorang di internet, ada juga yang menyebut blog sebagai website pribadi yang berisi tentang link-link internet yang pernah mereka kunjungi disertai dengan komentar-komentar pribadi dan yang lain mengartikan blog sebagai sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum.

Kenapa Blog

Ada beberapa alasan kenapa menggunakan blog adalah :

  • Pengguna internet dunia 1 millyar orang dan pengguna di indonesia 20 juta orang.
  • Mudah dalam pembuatan dan mudah untuk digunakan, pembuatan blog simpel tidak serumit membuat website, mudah dan sesimpel membuat email sehingga sangat mudah untuk membuat sebuah blog begitu juga dalam penulisan artiker/posting maupun mengomentari blog orang lain.
  • Komunikatif, Uptodate dan Jaringan, blog yang kita buat gampang untuk diupdate, komunikatif dengan pembaca dimana setiap orang bisa mengkomentari tulisan yang kita buat, dan kita bisa menambahkan link atau alamat blog orang lain di blog kita sehingga akan terbentuk jaringan pertemanan atau komunitas antar pengguna blog.
  • Blog saat ini juga di gunakan untuk berbagai macam tujuan, bisa sebagai media untuk menyampaikan tugas dari guru ke murid, bisa juga di jadikan sarana peserta didik untuk mengirim kan tugas ke pada dosen atau instruktur.
  • Gratis, Saat ini banyak sekali penyedia blog gratis di anatarnya, blogspot (www.blogspot.com), Multiply (www.multiply.com), wordpress (www.wordpress.com), dan masih banyak lainnya. Yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dan masih banyak lagi alasan kenapa kita membuat blog.
  • Menghasilkan uang, Mengelola sebuah blog seperti halnya mengelola suatu majalah atau koran, jika isi yang di tampilkan bagus, maka jumlah pembacanya akan banyak, jika jumlah pembaca blog makin banyak suatu hal yang sangat memungkinkan blog tersebut menghasilkan uang untuk pemiliknya.

Blog bisa kita buat dengan berbagai tujuan, bisa sebagai media untuk mempromosikan diri, sekolah atau institusi. Saat ini berkembang tren untuk mebuat sebuah website pembelajaran dengan berbasis Blog, ada beberapa kelebihan dari blog untuk di mamfaatkan sebagai media E-learning, yaitu Pembuatan blog sangat mudah (mudah dipelajari), pengelolaan untuk update tulisan, materi, hapus dan sebagainya sangat mudah, Gratis (wordpress.com, Multiply.com, blgspot.com) dan Mempunyai fasilitas mendekati Moodle

Dengan penetrasi internet yang lumayan pesat, mau tidak mau seorang guru harus mempunyai alternative pembelajaran kepada siswa. Dengan pembuatan sebuah website pembelajaran berbasis blog juga guru juga akan terlibat dalam penyedian konten yang bermamfaat di dalam dunia maya.

untuk membuat blog mari kita lihat slide berikut :

Anda tertarik dengan blog atau ingin punya blog sendiri? sekarang banyak penyedia layanan untuk membuat blog. anda dapat mengekspresikan diri anda melalului blog. baik itu lewat google, wordpress, atau plasa, dan masih banyak yang lain. anda dapat memulia membuat dengan mendaftar lebih  dahulu lewat penyedia layanan blog  yang ada. silahkan anda lihat tutorial_wordpress5 untuk membuat blog anda.

Web Pendukung :

http://www.4shared.com : web. hosting untuk penyimpanan data

http://www.slideshare.net/aenul/tutorial-blog-5917165 : web. hosting untuk penyimpanan data

http://www.photobucket.com : web untuk penyimpanan photo

One comment on “Tutorial Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s