JURUS JITU MEMILIH SEKOLAH

oleh Zaenul arifin, S.Pd

Mendekati bulan juni dan juli orang tua biasanya dipusingkan untuk memilih sekolah terbaik dan sesuai kemampuan anak mereka. Memilih sekolah yang tepat adalah cara terbaik untuk memberikan fasilitas pendidikan bagi anak. Kebutuhan dan kemampuan anak dan orang tua sangat bervariasi sehinga dalam memilih sekolah juga akan sangat berpengaruh. Banyak kasus terutama SD, anak anak terkadang menjadi “korban” keinginan orang tua dalam memilih sekolah, bahkan anak – anak cenderung memilih sekolah menurut keinginan orang tua. Akibatnya selama proses pendidikan anak – anak cenderung kurang proaktif. Dalam memilih sekolah orang tua dituntut bijaksana antara keinginan anak dan otang tua dan sekolah yang cocok dengan kemampuan itelegensi anak dan kemampuan financial orang tua.

Saat ini, sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan usia dini banyak berdiri bak jamur di musim hujan. Masing-masing berlomba-lomba menawarkan kelebihan yang dimilikinya, ada yang memakai kurikulum lokal dan juga kurikulum campuran. Bahkan, tidak sedikit pula sekolah “impor” yang menawarkan kurikulum internasional. Tidak hanya praseklah, Sekolah sekolah lanjutan sekarang banya berdiri sekolah terpadu atau boarding school dan sekolah – sekolah sejenis yang menawarkan program. Untuk itu kita harus selektif untuk memilih sekolah, terutama pendidikan anak usia dini. Pendidikan usia dini merupakan langkah yang besar dan penting untuk tumbuh kembang anak Anda. Sebagai orang tua sebaiknya selalu berusaha untuk memilihkan sekolah yang baik dan sesuai dengan dirinya. Sebab, ini akan menentukan tak hanya bagi anak tetapi juga Anda sebagai orang tuanya. Bagi anak, pergi ke sekolah berarti merasakan kemandirian yang sesungguhnya untuk pertama kali. Bahkan, bisa jadi ini pertama kalinya si kecil terpisah dari orang tua atau pengasuhnya selama beberapa saat. Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memberikan pendidikan yang terbaik dengan menempatkannya di sekolah yang terbaik pula. Dan tidak kalah penting adalah sekolah lanjutan setidak berkesinambungan antara pra sekolah, lanjutan atau perguruan tinggi.

Bagaimana Memilih Sekolah Terbaik?

  • Buatlah sebuah daftar nama sekolah-sekolah

yang Anda inginkan untuk mempermudah observasi.

  • Lokasi sekolah.

Pilihlah sekolah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Selain Anda dan si kecil tidak bosan di jalan dan mengalami kelelahan, hal ini juga akan menghemat biaya yang Anda keluarkan untuk transportasi.

  • Tenaga pengajar.

Dalam memilih sekolah tidak hanya yang favorit, tapi cari sekolah yang kreatif dalam mendidik anak. Biasanya sekolah seperti ini guru-gurunya pun kreatif. Pun sekolah yang bisa menyesuaikan dengan kemampuan anak. Maksudnya, jika ada murid yang daya tangkapnya kurang, sekolah akan memberikan waktu atau jam pelajaran tambahan bagi muridnya itu. Selain juga harus memperhatikan bangunan dan kelengkapan pendidikan di sekolah tersebut.

Nah, untuk itu, jauh-jauh hari orang tua harus sudah pasang mata dan telinga supaya tidak ketinggalan informasi aktual mengenai sekolah. Jadi rajin-rajinlah mencari tahu dengan cara membaca atau bertanya. Setelah itu, baru kita minta persetujuan anak. Biarkan anak memilih sekolah yang sesuai dengannya. Jadi, dalam memasukkan anak sekolah itu harus berdasarkan kesepakatan anak dan orang tua.

  • Biaya

Biaya pendidikan anak tidak sama di setiap sekolah. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

  • Program yang ditawarkan.

Jangan lupa, tanyakan pada sekolah tempat mendaftar bagaimana visi dan misi sekolah, apakah sesusai dengan visi dan misi pendidikan kita apa tidak. Sekolah yang kita Anak-anak membutuhkan lingkungan yang rileks dan longgar. Program sekolah yang baik menurut  seorang konsultan prasekolah Dr. Jennifer Hardacre, sebaiknya memberikan banyak waktu untuk setiap anak untuk mendorong minatnya. Misalnya, Anda melihat kegiatan yang melibatkan anak pada pagi hari.

  • Fasilitas.

Perhatikan apakah sekolah tersebut memilki fasilitas lengkap yang dibutuhkan si kecil.

  • Rasio guru dan murid.

Semakin kecil rasionya, anak-anak akan mendapat perhatian yang cukup dari guru sehingga kebutuhannya lebih mudah di mengerti dan dipahami.

  • Cari referensi.

Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada orang lain tentang situasi dan kondisi sekolah tempat anaknya bersekolah.

  • Bicarakan dengan anak.

Hal ini sering dilupakan orang tua. Perhatikan reaksi anak ketika Anda berbicara tentang sekolah. Pilihlah prasekolah yang sesuai dengan karakter anak dan minat serta bakat anak. Jika anda masih ragu anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau mencoba berbicara dari hati – kehati dengan anak kita.

Terakhir janganlah lupa memohon petunjuk kepada Allah SWT untuk menentukan pilihan sekolah. Tempat dan suasana yang tepatkan memberikan stimulan positif bagi anak untuk belajar.Selamat mencoba semoga menemukan sekolah terbaik untuk putra – putri kita, amin

One comment on “JURUS JITU MEMILIH SEKOLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s