LIBUR TELAH TIBA

ditulis Oleh : Fitri ariyani, psi

” libur telah tiba libur telah tiba hore – hore – hore

Simpanlah tas dan bukumu hilangkan keluh kesahmu,

” libur telah tiba libur telah tiba hatiku gembira…… dst

anak – anak tahu kan lagunya tasha tentang liburan? Apa coba yang terbayang saat liburan? Pasti kebayang hal – hal yang menyenangkan. Pergi sama orang tua ke tempat wisata, jalan- jalan ke mall, berkunjung ketempat saudara atau nenek, nonton acara TV program liburan, atau ngumpul – ngumpul bersama orang tua di rumah, asyik bangeet….

Mengapa ya kalo Liburan bisa jadi hati gembira? Ya iya lah khan bleh ngaak belajar, bebas tugas dan PR yang bikin lelah. Tapi apa iya sich, coba kalian bayangkan, kalo libur melulu, ngak sekolah, ngajk ketemu teman – teman dan ngak ada kegiatan apa-apa. Sehari, dua hari, seminggu masih asyik, tapi lama – lama bosen juga khan?!!!!! Nah berarti semua hal yang dilakukan terus menerus bisa bikin bosan, begitu juga belajar dan sekolah terus gimana dong ? itulah …. Makanya perlu ada waktu liburan . fungsinya untuk relaksasi atau penyegaran dari rutinitas belajar dan sekolah.

Lalu acara seperti apa sich yang baik untuk mengisi liburan? Acaranya bisa macam – macam. Musyawarahkan dulu dengan orang tua, kira – kira rencana liburan mau diisi apa. Misalnya, kalian bisa berkunujung ketempat saudara yang tinggal di desa. Disana kalian bisa lebih dekat dengan alam. Tanaman – tanaman yang subur danjauh dari polusi, hewan – hewan piaraan yang beraneka ragam, sungai – sungai yang airnya jernih, udarayang segar dan bebas polusi. Dengan begitu bisa menjauh dari hiruk pikuk kota dan polusi. Lalu relaks dech…. Badan segar, hati tenang bahkan bisa silaturahim dengan saudara!!!. Bagi yang tetap tinggal dikota kalian juga punya pilhan yang juga menarik. Misalnya, berkunjung ketempat wisata seperti, kebn binatang untuk melihat aneka satwa berserta ciri wujud aslinya. kekebun raya, melihat aneka tanaman , pergi ketempat – tempat bersejarah untuk lebih mengenal sejarah bangsa atau boleh juga ke toko buku, mencari buku – buku bagus dan bermutu.

Lantas? Kalau sekedar jalan – jalan ke mall atau nonoton TV boleh nggak??? Boleh sich hanya saja sesuaikan dengan kebutuhan misalnya sambil menemani ibu belanja kebutuhan sehari – hari kan nggak perlu setiap saat setiap waktu. Nonton TV juga boleh…. Asalkan minta saran orang tua mana yang boleh ditonton dan tidak. Gunakan waktu kalian lebih banyak untuk ngumpul – ngumpul keluarga, silaturahiim ke tetangga dekat dan teman, ibadah ditingkatkan dan lebih oke lagi Bantu – Bantu orang tua dirumah, iya khaaam ????

Lalu gimana dengan belajarnya?

Simpan buku rapat- rapat dan lupakan ! eeiiit jangan dong

Biarpun liburan untuk relaks dan refresing, bukan berarti belajar ditinggalan lhoo. Sebaiknya sediakan waltu untuk belajar, dan mengulang atau latihan soal – soal. Memang tidak perlu seharian belajar terus, ntar sama aja dengan hari – hari biasanya, nggak jadi fresh dong. Belajarnya kira – kira dua jam sehari sudah cukup, khan sudah sikurangi waktu belajar delapan jam yang seharusnya disekolah. Sholat dan tilawah jalan terus……… kalo bisa ditingkatkan buat nambah pahala.

Kalian tahu tidak bahwa proses ingatan ada 2 : pertama, dimanakan short term memory (ingatan jangka pendek) dimana semua informasi yang didengar atau dibaca pertama kali akan direkam oleh otak. Ingatan jangka pendek ini cepata hilang dan efektif digunakan beberapa saat setelah direkam. Contohnya kalau kalian akan tes malam harinya belajar pagi hari masih banyak yang diingat, tapi kalau sudah beberapa hari tidak diulang bisa lupa. Kedua, Long term memory (ingat jangka panjang) yaitu semua rekaman di short term memory yang diulang – ulang sehingga tersimpan di long term memory. Artinya semakain sering informasi kita terima makin kuat rekamannya diotak. Nah….. agar ilmu kalian tidak hilang dan terlupakan simpan dulu di long term momery.

Mau tau caranya ? tentu dengan mengulang – ulang pelajaran yang telah peroleh. Manfaatkan juga waktu kalian untuk hal ini.

Akhirnya selamat liburan ya… isi dengan kegiatan yang oce dan bermanfaat semoga saat kembali sekolah kalian sudah fresh dan siap belajar lagi.. Salaam (Kak Fi-Ar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s